Sekilas Jaladara

Steam Loco Jaladara atau yang disebut dengan Sepur Kluthuk Jaladara sudah melintasi kota Surakarta sejak 27 september 2009, dimana diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo bertempat di Loji Gandrung, Rumah Dinas Walikota Solo. Satu rangkaian kereta uap Jaladara ini terdiri atas satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Lokomotif kereta uap wisata jaladara ini buatan Negara Jerman pada tahun 1896, diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa, sementara gerbongnya dari Magelang dan Bandung.
Acara peresmian kereta uap wisata kota Surakarta ini sangan meriah gerbong kereta di hias dengan kain batik dan di bungkus dengan kain hitam, peluncuran kereta uap perdana tersebut dengan di tandai pemecahan kendi oleh mentri perhubungan dan didampingi oleh walikota dan wakil walikota dan di saksikan oleh ribuan masyasakat kota Surakarta.
Kereta Uap Jaladara memiliki Rute dari Stasiun Puwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5.6 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo dan  rencananya akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Kauman, Loji Gandrung,Galery Oleh2 dan Souvenir Solo Raya (Soloya),  Karaton Surakarta,  dan lain-lain.


Sepur Kluthuk Jaladara Merupakan Satu satunya Kereta Uap di Indonesia  yang melintasi tengah Kota yang Padat akan kendaraan bermotor. Berbagai bangunan bersejarah akan terlintasi rute dari Kereta Uap Jaladara ini, Jajanan Khas Solo juga disajikan selama perjalanan ini dan Pertunjukan seni Budaya tidak luput untuk disajikan sehingga perjalanan ini memberikan Sensasi dan kesan tersendiri, yaitu kesan Sekali Dalam Seumur Hidup Anda.